Senin, 26 Agustus 2019

TUGAS REVIEW RUMAH BELAJAR 1

Pembelajaran Tematik Terpadu pada Anak Tunagrahita



Sumber : rumahbelajar.id
Category   : Education

Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013
SMALB Tema 5 untuk siswa Tunagrahita kelas X
cetakan ke-1 Tahun 2016

Penulis   : Eros Rosita, S.Pd.
Ilustrator : Tri Subagyo
Penyunting materi : Marja, M.Pd.
Diterbitkan oleh : Kementerian Pendidikan dan KebudayaanIndonesia.                 
                             Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Dalam kurikulum ini dirumuskan secara terpadu tiga ranah kompetensi yaitu sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
Untuk mencapai kompetensi pada siswa tunagrahita ditulislah buku dengan pembelajaran tematik yang memadukan beberapa mata pelajaran, yaitu PPKN, Bahasa Indonesia, IPA, IPS, Matematika, SBDP, dan PJOK.
Kegiatan pembelajaran dalam buku menerapkan pendekatan saintififik yang di dalamnya termuat kegiatan mengamati, menanya, mencari informasi, menalar, dan mengkomunikasikan.
Kegiatan yang mengacu pada pendekatan saintififik tidak hanya mengembangkan ranah pengetahuan tetapi juga mengembangkan ranah sikap dan keterampilan.
Dengan berbagai kegiatan menyenangkan baik yang dilakukan secara individu dan kelompok yang ada dalam buku, siswa diharapkan dapat mengembangkan diri secara utuh menjadi individu kreatif, inovatif, produktif dan berkarakter.
Buku Tempat Umum merupakan buku seri pembelajaran tematik untuk siswa tunagrahita kelas X.

Buku ini terdiri atas tiga subtema.
Setiap subtema dalam buku ini terdiri atas enam pembelajaran.
Penentuan banyak subtema dan banyak pembelajaran mempertimbangkan kemampuan siswa tunagrahita dalam mengikuti pembelajaran.
Buku Tempat Umum memuat pembelajaran berbasis aktivitas.
Bersama guru dan teman-teman sekelas, siswa melakukan berbagai kegiatan untuk mencapai kompetensi tertentu.

Subtema 1 : TEMPAT IBADAH
Subtema 2 : TEMPAT BELANJA
Subtema 3 : TEMPAT REKREASI

Tiap tema terdiri atas 3 subtema yang diuraikan ke dalam 6 pembelajaran.
Satu pembelajaran untuk 1 hari.
Tiga subtema yang ada, direncanakan selesai dalam jangka waktu 4 minggu pembelajaran.

Keunggulan:
1.
Pembelajaran ditekankan pada kemandirian siswa dan berkaitan langsung dengan  kegiatan sosial ataupun aktivitas sehari hari sehingga siswa mampu melayani untuk dirinya sendiri.
2.
Materi sangat sederhana sehingga mudah diterapkan untuk anak tunagrahita
3.
Kegiatan menyenangkan baik yang dilakukan secara individu dan kelompok
4.
Kegiatan pembelajaran dapat mengembangkan diri secara utuh menjadi individu kreatif, inovatif, produktif dan berkarakter.
5.
Proses belajaran sudah lengkap dimulai dari langkah awal, kegiatan inti, kegiatan akhir sampai dengan evaluasi, sampai proses penilaian dalam beberapa aspek sudah muncul
6.
Melalui pembelajaran ini guru mampu mengembangkan ide-ide kreatif lebih lanjut dengan memanfaatkan alternatif-alternatif kegiatan dalam mengembangkan ide-ide pembelajaran sendiri

Kelemahan:
1.
Setiap selesai pembelajaran hendaknya diberikan refleksi dengan bermain atau bernyanyi untuk merefleksi diri dan menjaga semangat pada anak anak tunagrahita
2.
Pada proses pembelajaran masih kurang dalam penggunaan alat peraga
3.
Beberapa gambar kurang spesifik dan penekanan sehingga cenderung siswa mempunyai presepsi lain dari yang diharapkan
4.
Pada pembelajaran 5 Sub Tema 1 pada materi mengidentififikasi lembaga negara yang termasuk anggota legislatif seperti MPR, DPR, DPD termasuk tugas dan wewenang dari masing-masing lembaga negara tersebut diatas. Adapaun tugas dan wewenang dari MPR, DPR dan DPD tidak sinkron atau tidak sesuai dengan tema Tempat Ibadah

Saran:
1.
Lebih banyak lagi melakukan kegiatan dengan permainan yang menyenangkan dengan menekankan pada muatan PJOK atau SBdP
2.
Pada soal evaluasi terlalu banyak sebaiknya soal terdiri 5 sudah cukup dan difokuskan untuk penilaian keterampilan dengan tujuan fokus pada kemandirian siswa

https://youtu.be/9TPxolguwnI

https://jogja-vci.blogspot.com/


Related Posts:

0 komentar:

Posting Komentar