RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD PULUHAN
Kelas / Semester : II / 1
Tema 1 : Hidup Rukun
Sub Tema 1 : Hidup Rukun di Rumah
Muatan Pelajaran : PKn, Bahasa Indonesia, Matematika
Pembelajaran Ke : 6
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan (5x35 Menit)
A. KOMPETENSI INTI
(KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman dan guru.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR (KD)
PPKn
1.1
Menerima hubungan gambar
bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng,
dan padi kapas dan sila-sila Pancasila sebagai anugerah Tuhan
Yang Maha Esa.
2.1 Bersikap bekerja sama, disiplin, dan peduli
sesuai sila-sila Pancasila dalam
lambang negara “Garuda Pancasila”
dalam kehidupan sehari-hari.
3.1 Mengidentifikasi hubungan antara simbol dan
sila-sila Pancasila dalam
lambang negara Garuda Pancasila.
4.1 Menjelaskan hubungan gambar pada lambang
negara dengan sila-sila
Pancasila.
Bahasa Indonesia
3.1
Merinci ungkapan, ajakan, perintah, penolakan yang terdapat dalam teks
cerita atau lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun.
4.1
Menirukan ungkapan, ajakan, perintah, penolakan dalam cerita atau lagu
anak-anak dengan bahasa yang santun.
Matematika
3.1 Menjelaskan makna bilangan cacah
dan menentukan lambangnya berdasakan nilai tempat dengan menggunakan model
konkret serta cara membacanya.
4.1 Membaca dan menyajikan bilangan
cacah dan lambangnya berdasarkan nilai tempat dengan menggunakan model konkret.
C. INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
PPKn
1.1.1
Memperhatikan gambar
bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan
padi kapas pada lambang negara.
1.1.2
Memperhatikan sila-sila
Pancasila.
1.1.3 Menerima
hubungan gambar bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng,
dan padi kapas dan sila-sila Pancasila
sebagai anugerah Tuhan Yang Maha
Esa.
2.1.1 Menyenangi
bekerja sama, disiplin, dan peduli sesuai sila-sila Pancasila
dalam
lambang negara “Garuda Pancasila” dalam kehidupan sehari-hari.
2.1.2 Mendukung
kerja sama, disiplin, dan peduli sesuai sila-sila Pancasila dalam
lambang negara ‘Garuda Pancasila” dalam kehidupan
sehari-hari.
2.1.3 Bersikap
bekerja sama, disiplin, dan peduli sesuai sila-sila Pancasila dalam
lambang negara “Garuda Pancasila” dalam
kehidupan sehari-hari.
3.1.1
Menyebutkan simbol lambang negara dan sila dalam Pancasila.
3.1.2 Menghafal simbol lambang negara dan sila dalam
Pancasila.
3.1.3
Mengidentifikasi hubungan antara simbol dan sila-sila Pancasila dalam
lambang negara Garuda Pancasila.
4.1.1
Mengidentifikasi gambar pada lambang negara dan sila-sila Pancasila.
4.1.2 Menunjukkan
gambar pada lambang negara dan
sila-sila Pancasila.
|
4.1.3 Menjelaskan
hubungan gambar pada lambang negara dengan sila-sila
Pancasila
Bahasa Indonesia
3.1.1
Menyebutkan ungkapan, ajakan, perintah, penolakan yang terdapat
dalam teks cerita.
3.1.2
Mengidentifikasi ungkapan, ajakan, perintah, penolakan yang terdapat
dalam teks cerita.
3.1.3
Merinci ungkapan, ajakan, perintah, penolakan yang terdapat dalam teks
cerita atau lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun.
4.1.1 Membedakan ungkapan, ajakan, perintah, penolakan dalam
cerita atau
lagu
anak-anak dengan bahasa yang santun.
4.1.2 Menunjukkan ungkapan, ajakan, perintah,
penolakan dalam cerita atau
lagu
anak-anak dengan bahasa yang santun.
4.1.3 Menirukan ungkapan, ajakan,
perintah, penolakan dalam cerita atau lagu
anak-anak dengan bahasa yang santun.
Matematika
3.1.1 Menyebutkan
bilangan cacah.
3.1.2 Menghafal
bilangan cacah dan lambangnya.
3.1.3 Menjelaskan makna bilangan cacah dan menentukan lambangnya
berdasarkan
nilai tempat dengan menggunakan model konkret serta cara
membacanya.
4.1.1 Mengidentifikasi bilangan cacah dan lambangnya berdasarkan nilai
tempat dengan menggunakan model konkret.
4.1.2
Menunjukkan cacah dan lambangnya berdasarkan nilai tempat dengan
menggunakan model konkret.
4.1.3 Membaca dan menyajikan bilangan cacah dan lambangnya berdasarkan
nilai tempat dengan menggunakan model konkret.
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Dengan diberikan
teks dongeng tentang hidup rukun di masyarakat, siswa
dapat menyebutkan kalimat penolakan yang
terdapat di dalam teks cerita yang
berkaitan dengan sikap hidup rukun dengan benar.
2. Dengan diberikan
teks dongeng tentang hidup rukun, siswa dapat menuliskan
kalimat penolakan yang berkaitan dengan
sikap hidup rukun dalam bentuk
kalimat sederhana.
3. Dengan diberikan
teks dongeng tentang hidup rukun, siswa dapat
menunjukkan
contoh perilaku di masyarakat yang sesuai dengan sila keempat
Pancasila dengan benar.
4. Dengan diberikan
teks dongeng tentang hidup rukun, siswa dapat
menunjukkan contoh perilaku di masyarakat
yang sesuai dengan sila
kelima Pancasila dengan benar.
5. Dengan diberikan
teks dongeng tentang hidup rukun , siswa dapat
menceritakan pengalaman menerapkan sila
keempat Pancasila di masyarakat
dengan benar.
6. Dengan diberikan
teks dongeng tentang hidup rukun, siswa dapat
menceritakan pengalaman menerapkan sila
kelima Pancasila di masyarakat
dengan benar.
7. Dengan diberikan
gambar pengamalan sila Pancasila, siswa dapat
menghubungkan gambar pengamalan sila dengan
lambang sila yang sesuai.
8. Dengan diberikan
penyelesaian soal penjumlahan dan pengurangan, siswa
dapat membuat soal cerita dengan benar.
9. Dengan diberikan
soal cerita, siswa dapat menyelesaikan soal penjumlahan
dan pengurangan dengan benar.
E. MATERI PEMBELAJARAN
Pengetahuan:
• Ungkapan dalam teks cerita atau lagu
anak
• Bilangan cacah sampai 999
• Penerapan sila keempat dan sila kelima Pancasila
Keterampilan:
• Menggunakan ungkapan dalam bentuk kalimat
sederhana.
• Membaca lambang bilangan cacah.
• Menuliskan bilangan yang terdiri dari
tiga angka.
F. METODE
PEMBELAJARAN
¡
Pendekatan: Saintifik
¡ Metode : Ceramah,
tanya jawab, diskusi, penugasan, simulasi/permainan dengan kartu dan evaluasi.
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
§ Siswa berbaris rapi di luar kelas disiapkan oleh siswa secara bergantian
kemudian masuk ke kelas dengan tertib.
§ Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a
menurut agama dan keyakinan masing-masing
kemudian menyanyikan lagu Indonesia Raya dipimpin siswa secara bergantian
(urut absen).
§ Guru memantau, mengecek kesiapan diri dengan mengisi daftar hadir siswa, mengamati dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi
dan tempat duduk siswa.
§ Guru memberi motivasi siswa agar lebih rajin belajar.
§ Guru menghubungkan materi yang akan dipelajari dengan yang sudah
diketahui siswa, siswa menghitung jumlah anggota keluarga dan menyebut siapa
saja yang tinggal di rumah.
|
20 menit
|
Inti
|
· Guru bercerita tentang manfaat kerukunan
di lingkungan sekitar dan akibat jika hidup tidak rukun sesuai Pengamalan
Pancasila, menghitung seluruh anggota keluarga, teman saudara yang siswa
temui dalam sehari hari. ( Ceramah ini untuk muatan PKn KD 3.1, Bahasa Indonesia KD 3.1 dan Matematika KD 3.3)
Ayo membaca
• Siswa membaca teks percakapan yang
terdapat
pada Buku Siswa. Teks tersebut
digunakan untuk
mencapai muatan Bahasa Indonesia (KD
3.1) dan
PPKn (KD 3.1).
Ayo mencoba
• Siswa menceritakan kembali isi
teks yang sudah
dibacanya. Siswa membuat pertanyaan sendiri
sesuai bacaan
kemudian ditukar dengan teman lain
untuk menjawab
pertanyaan temannya.
• Pertanyaan-pertanyaan tersebut mengarah
pada
pencapaian muatan Bahasa Indonesia
(KD 3.1 dan
KD 4.1).
• Isi dari teks percakapan juga
menggambarkan
pencapaian muatan PPKn (KD 3.1 dan
KD 4.1),
yaitu penerapan sila keempat
Pancasila. Selain itu,
pada bagian teks lain juga
menunjukkan
penerapan sila kelima Pancasila.
• Siswa diminta menceritakan pengalaman
tentang
cara menyelesaikan perbedaan
pendapat di rumah
yang sesuai dengan sila keempat Pancasila.
• Siswa juga diminta menceritakan
terjadinya
keadilan di rumah sebagai perwujudan
sila kelima
Pancasila
Ayo menulis
• Siswa berdiskusi bersama teman sebangku
tentang simbol
simbol lambang Pancasila dengan menghubungkan antara sikap dan pengamalan
sila pada Pancasila (untuk muatan PKn KD 4.1)
• Siswa mencari ungkapan yang
terdapat dalam teks
percakapan tentang hidup rukun.
• Siswa menuliskan makna ungkpan
tersebut
dengan bahasa yang santun.
• Siswa melengkapi teks cerita
tentang hidup rukun
dengan kata yang tersedia
Ayo mengamati
• Siswa mengamati tiket masuk tempat
wisata yang
terdapat bilangan tiga angka. Siswa
dapat
membawanya dari rumah.
• Siswa dibimbing guru untuk membaca
bilangan
tiga angka tersebut.
Ayo menulis
• Guru memberi tugas kegiatan menulis ini
merupakan kegiatan menulis bilangan
tiga angka
dalam kata-kata. Sebelum menulis
guru memberi
pengantar cerita wisata Udin bersama
ayah, ibu,
dan kakaknya. Ketika masuk tempat wisata,
mereka harus menunjukkan tiket
masuk. Dari
situlah guru menggunakan bilangan
yang tertera
pada tiket untuk membahas bilangan tiga angka.
(Penugasan
ini untuk muatan Bahasa Indonesia
KD 4.1 dan
Matematika KD 4.3)
• Siswa mengamati penggambaran
bilangan tiga
angka sebagai kubus satuan.
• Siswa menyebutkan nilai tempat ratusan,
puluhan,
dan satuan pada bilangan tiga angka.
• Siswa mencoba menuliskan cara
membaca
bilangan tersebut.
• Siswa bermain bersama dengan membuat kartu
bilangan yang telah
dibuatnya sendiri
|
145 menit
|
Penutup
|
§
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan /
rangkuman hasil belajar selama sehari.
§
Bertanya jawab tentang materi yang telah
dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk
menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§
Melakukan penilaian hasil belajar/evaluasi (Ulangan
Harian pada setiap akhir Subtema)
§
Mengajak semua siswa menyanyikan lagu daerah dan berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran).
|
10 menit
|
H. SUMBER BELAJAR, BAHAN AJAR DAN MEDIA
PEMBELAJARAN
¡ Sumber Belajar :
1.
Buku Siswa Tema “Hidup Rukun” Kelas 2 (Buku
Tematik Terpadu
Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017).
2.
Internet
¡
Media Pembelajaran :
1.
Teks percakapan tentang
hidup rukun.
2.
Alat peraga Matematika balok kubus untuk nilai tempat.
3.
Gambar kumpulan kubus.
4.
Gambar tiket masuk tempat
wisata.
5.
Gambar dan Kartu angka.
I. PENILAIAN HASIL
PEMBELAJARAN
Teknik Penilaian
·
Penilaian
Sikap: Lembar Observasi
·
Penilaian
Pengetahuan: Tes
·
Penilaian
Keterampilan: Unjuk Kerja
1. Penilaian Sikap (PKn KD 1.1 dan 2.1)
No.
|
Tanggal
|
Nama Siswa
|
Catatan Perilaku
|
Butir Sikap
|
Tindak Lanjut
|
1.
|
|||||
2.
|
|||||
3.
|
|||||
4.
|
|||||
5.
|
|||||
dst
|
2. Penilaian Pengetahuan dan Keterampilan
1) Bahasa Indonesia
Pengetahuan: Menyebutkan Ungkapan di dalam (Teks KD 4.1)
No
|
Kriteria
|
Baik Sekali (4)
|
Baik (3)
|
Cukup (2)
|
Perlu Bimbi-
ngan (1)
|
1.
|
Ketepatan arti
ungkapan di dalam
kalimat
|
Semua
ungkapan di
dalam teks
dapat diartikan
dengan benar
|
Ada beberapa
ungkapan
yang belum
diartikan
dengan benar,
tanpa bantuan
guru
|
Ada beberapa
ungkapan yang
belum diartikan
dengan
benar, dengan
bantuan guru.
|
Belum bisa
mengartikan
ungkapan
di dalam
teks dengan
benar, dengan
bantuan guru.
|
2) PKn
Rubrik Bercerita Penerapan Sila Kelima pada Pancasila (KD 4.1)
No
|
Kriteria
|
Baik Sekali (4)
|
Baik (3)
|
Cukup (2)
|
Perlu Bimbi-
ngan (1)
|
1.
|
Kesesuaian isi
cerita dengan
penerapan sila
kelima pada
Pancasila
|
Isi cerita
sesuai dengan
penerapan sila
kelima pada
Pancasila.
Diceritakan
tanpa bantuan
guru.
|
Ada sebagian
cerita yang
belum sesuai
dengan
penerapan sila
kelima pada
Pancasila.
Diceritakan
tanpa bantuan
guru.
|
Ada sebagian
cerita yang
belum sesuai
dengan
penerapan sila
kelima pada
Pancasila.
Diceritakan
dengan
bantuan guru.
|
Cerita tidak
sesuai dengan
penerapan sila
kelima pada
Pancasila.
|
Sikap yang dapat diamati dan
dikembangkan adalah percaya diri.
3) Matematika
Rubrik Penilaian Membaca Bilangan Sampai 999 (KD 3.1, KD 3.2, KD 3.3 dan 4.1)
No
|
Kriteria
|
Baik Sekali (4)
|
Baik (3)
|
Cukup (2)
|
Perlu Bimbi-
ngan (1)
|
1.
|
Pengetahuan:
ketepatan
menyatakan
bilangan tiga
angka, minimal 5
bilangan
|
Semua bilangan
dinyatakan
dengan benar.
|
Ada satu
bilangan yang
dinyatakan
masih salah.
|
Ada dua
bilangan yang
dinyatakan
masih salah.
|
Ada tiga
atau lebih
bilangan yang
dinyatakan
masih salah.
|
2.
|
Keterampilan:
ketepatan
membaca
bilangan tiga
angka, minimal 5
bilangan
|
Semua bilangan
dibaca dengan
benar.
|
Ada beberapa
bilangan yang
masih salah
dibaca, tanpa
bantuan guru.
|
Ada beberapa
bilangan yang
masih salah
dibaca, dengan
bantuan guru.
|
Belum ada
bilangan yang
dibaca dengan
benar, meskipun
dibantu guru.
|
Sikap yang dapat diamati dan
dikembangkan adalah percaya diri.
Mengetahui,
Kepala Sekolah
SUGENG, S.Pd.
NIP. 19631205 199312
1 001
|
Sedayu, 27 Juli 2019
Guru Kelas
YUDI HERIANA TANTRI, M.Pd.
No. IGI . 201904010000074
|
0 komentar:
Posting Komentar