Minggu, 14 Juni 2020

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan   :    SD PULUHAN
Kelas / Semester       :    II / 1
Tema 1                        :    Hidup Rukun
Sub Tema 1                :    Hidup Rukun di Rumah
Muatan Pelajaran      :    PKn, Bahasa Indonesia, Matematika
Pembelajaran Ke      :    6
Alokasi Waktu           :    1 x Pertemuan (5x35 Menit)
Hari/Tanggal              :    Senin, 29 Juli 2019


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)

PPKn
1.1   Menerima hubungan gambar bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng,
dan padi kapas dan sila-sila Pancasila sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.

2.1  Bersikap bekerja sama, disiplin, dan peduli sesuai sila-sila Pancasila dalam
       lambang negara “Garuda Pancasila” dalam kehidupan sehari-hari.

3.1  Mengidentifikasi hubungan antara simbol dan sila-sila Pancasila dalam
       lambang negara Garuda Pancasila.

4.1  Menjelaskan hubungan gambar pada lambang negara dengan sila-sila
       Pancasila.

Bahasa Indonesia
3.1 Merinci ungkapan, ajakan, perintah, penolakan yang terdapat dalam teks
      cerita atau lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun.

4.1 Menirukan ungkapan, ajakan, perintah, penolakan dalam cerita atau lagu
      anak-anak dengan bahasa yang santun.

Matematika
3.1   Menjelaskan makna bilangan cacah dan menentukan lambangnya berdasakan nilai tempat dengan menggunakan model konkret serta cara membacanya.
4.1   Membaca dan menyajikan bilangan cacah dan lambangnya berdasarkan nilai tempat dengan menggunakan model konkret.

C.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
PPKn
1.1.1 Memperhatikan  gambar bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan
         padi kapas pada lambang negara.

1.1.2 Memperhatikan  sila-sila Pancasila.

1.1.3 Menerima hubungan gambar bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng,
         dan padi kapas dan sila-sila Pancasila sebagai anugerah Tuhan Yang Maha
         Esa.

2.1.1 Menyenangi bekerja sama, disiplin, dan peduli sesuai sila-sila Pancasila
         dalam lambang negara “Garuda Pancasila” dalam kehidupan sehari-hari.

2.1.2 Mendukung kerja sama, disiplin, dan peduli sesuai sila-sila Pancasila dalam
         lambang negara ‘Garuda Pancasila” dalam kehidupan sehari-hari.

2.1.3 Bersikap bekerja sama, disiplin, dan peduli sesuai sila-sila Pancasila dalam
         lambang negara “Garuda Pancasila” dalam kehidupan sehari-hari.

3.1.1 Menyebutkan simbol lambang negara dan sila dalam Pancasila.

3.1.2 Menghafal  simbol lambang negara dan sila dalam Pancasila.

3.1.3 Mengidentifikasi hubungan antara simbol dan sila-sila Pancasila dalam
         lambang negara Garuda Pancasila.

4.1.1 Mengidentifikasi gambar pada lambang negara dan  sila-sila Pancasila.

4.1.2 Menunjukkan gambar pada lambang negara dan  sila-sila Pancasila.

   4.1.3 Menjelaskan hubungan gambar pada lambang negara dengan sila-sila
            Pancasila

Bahasa Indonesia
3.1.1 Menyebutkan ungkapan, ajakan, perintah, penolakan yang terdapat
         dalam teks cerita.

3.1.2 Mengidentifikasi ungkapan, ajakan, perintah, penolakan yang terdapat
         dalam teks cerita.

3.1.3 Merinci ungkapan, ajakan, perintah, penolakan yang terdapat dalam teks
         cerita atau lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun.

4.1.1 Membedakan  ungkapan, ajakan, perintah, penolakan dalam cerita atau
         lagu anak-anak dengan bahasa yang santun.


4.1.2 Menunjukkan ungkapan, ajakan, perintah, penolakan dalam cerita atau
         lagu anak-anak dengan bahasa yang santun.

4.1.3 Menirukan ungkapan, ajakan, perintah, penolakan dalam cerita atau lagu
         anak-anak dengan bahasa yang santun.

Matematika
3.1.1 Menyebutkan bilangan cacah.

3.1.2 Menghafal bilangan cacah dan lambangnya.

3.1.3 Menjelaskan makna bilangan cacah dan menentukan lambangnya
         berdasarkan nilai tempat dengan menggunakan model konkret serta cara
         membacanya.

4.1.1 Mengidentifikasi bilangan cacah dan lambangnya berdasarkan nilai
         tempat dengan menggunakan model konkret.

4.1.2 Menunjukkan cacah dan lambangnya berdasarkan nilai tempat dengan
         menggunakan model konkret.

4.1.3  Membaca dan menyajikan bilangan cacah dan lambangnya berdasarkan
         nilai tempat dengan menggunakan model konkret.

D.     TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Dengan diberikan teks dongeng tentang hidup rukun di masyarakat, siswa  
    dapat menyebutkan kalimat penolakan yang terdapat di dalam teks cerita yang
    berkaitan dengan sikap hidup rukun dengan benar.

2. Dengan diberikan teks dongeng tentang hidup rukun, siswa dapat menuliskan
    kalimat penolakan yang berkaitan dengan sikap hidup rukun dalam bentuk
    kalimat sederhana.

3. Dengan diberikan teks dongeng tentang hidup rukun, siswa dapat  
    menunjukkan contoh perilaku di masyarakat yang sesuai dengan sila keempat   
    Pancasila dengan benar.

4. Dengan diberikan teks dongeng tentang hidup rukun, siswa dapat 
    menunjukkan contoh perilaku di masyarakat yang sesuai dengan sila
    kelima Pancasila dengan benar.

5. Dengan diberikan teks dongeng tentang hidup rukun , siswa dapat  
    menceritakan pengalaman menerapkan sila keempat Pancasila di masyarakat    
    dengan benar.

6. Dengan diberikan teks dongeng tentang hidup rukun, siswa dapat
    menceritakan pengalaman menerapkan sila kelima Pancasila di masyarakat
    dengan benar.

7. Dengan diberikan gambar pengamalan sila Pancasila, siswa dapat   
    menghubungkan gambar pengamalan sila dengan lambang sila yang sesuai.

8. Dengan diberikan penyelesaian soal penjumlahan dan pengurangan, siswa    
    dapat membuat soal cerita dengan benar.


9. Dengan diberikan soal cerita, siswa dapat menyelesaikan soal penjumlahan
    dan pengurangan dengan benar.

E.     MATERI PEMBELAJARAN
Pengetahuan:
Ungkapan dalam teks cerita atau lagu anak
Bilangan cacah sampai 999
Penerapan sila keempat dan sila kelima Pancasila

Keterampilan:
Menggunakan ungkapan dalam bentuk kalimat sederhana.
Membaca lambang bilangan cacah.
Menuliskan bilangan yang terdiri dari tiga angka.

F.      METODE PEMBELAJARAN
¡  Pendekatan: Saintifik
¡  Metode  : Ceramah, tanya jawab, diskusi, penugasan, simulasi/permainan dengan kartu dan evaluasi.

G.     KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
§  Siswa berbaris rapi di luar kelas disiapkan oleh siswa secara bergantian kemudian masuk ke kelas dengan tertib.
§  Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing kemudian menyanyikan lagu Indonesia Raya dipimpin siswa secara bergantian (urut absen).
§  Guru memantau, mengecek kesiapan diri dengan mengisi daftar hadir siswa, mengamati dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk siswa.
§  Guru memberi motivasi siswa agar lebih rajin belajar.
§  Guru menghubungkan materi yang akan dipelajari dengan yang sudah diketahui siswa, siswa menghitung jumlah anggota keluarga dan menyebut siapa saja yang tinggal di rumah.
20 menit
Inti
·   Guru bercerita tentang manfaat kerukunan di lingkungan sekitar dan akibat jika hidup tidak rukun sesuai Pengamalan Pancasila, menghitung seluruh anggota keluarga, teman saudara yang siswa temui dalam sehari hari. ( Ceramah ini untuk muatan PKn KD 3.1,  Bahasa Indonesia KD 3.1 dan  Matematika KD 3.3)

Ayo membaca
• Siswa membaca teks percakapan yang terdapat
   pada Buku Siswa. Teks tersebut digunakan untuk
  mencapai muatan Bahasa Indonesia (KD 3.1) dan   
  PPKn (KD 3.1).

Ayo mencoba
• Siswa menceritakan kembali isi teks yang sudah   
  dibacanya. Siswa membuat pertanyaan sendiri
  sesuai bacaan kemudian ditukar dengan teman lain
  untuk menjawab pertanyaan temannya.

• Pertanyaan-pertanyaan tersebut mengarah pada
  pencapaian muatan Bahasa Indonesia (KD 3.1 dan
  KD 4.1).

• Isi dari teks percakapan juga menggambarkan
  pencapaian muatan PPKn (KD 3.1 dan KD 4.1),
  yaitu penerapan sila keempat Pancasila. Selain itu,
  pada bagian teks lain juga menunjukkan  
  penerapan sila kelima Pancasila.

• Siswa diminta menceritakan pengalaman tentang
  cara menyelesaikan perbedaan pendapat di rumah
  yang sesuai dengan sila keempat Pancasila.

• Siswa juga diminta menceritakan terjadinya
  keadilan di rumah sebagai perwujudan sila kelima
  Pancasila

Ayo menulis
Siswa berdiskusi bersama teman sebangku   
  tentang simbol simbol lambang Pancasila dengan menghubungkan antara sikap dan pengamalan sila pada Pancasila (untuk muatan PKn KD 4.1)

• Siswa mencari ungkapan yang terdapat dalam teks  
  percakapan tentang hidup rukun.

• Siswa menuliskan makna ungkpan tersebut
  dengan bahasa yang santun.

• Siswa melengkapi teks cerita tentang hidup rukun
  dengan kata yang tersedia

Ayo mengamati
• Siswa mengamati tiket masuk tempat wisata yang
  terdapat bilangan tiga angka. Siswa dapat
  membawanya dari rumah.

• Siswa dibimbing guru untuk membaca bilangan  
  tiga angka tersebut.

Ayo menulis
Guru memberi tugas kegiatan menulis ini
   merupakan kegiatan menulis bilangan tiga angka   
  dalam kata-kata. Sebelum menulis guru memberi  
   pengantar cerita wisata Udin bersama ayah, ibu,
   dan kakaknya. Ketika masuk tempat wisata,  
   mereka harus menunjukkan tiket masuk. Dari 
   situlah guru menggunakan bilangan yang tertera  
   pada tiket untuk  membahas bilangan tiga angka.
   (Penugasan  ini untuk muatan  Bahasa Indonesia    
   KD 4.1 dan Matematika KD 4.3)

• Siswa mengamati penggambaran bilangan tiga   
  angka sebagai kubus satuan.

• Siswa menyebutkan nilai tempat ratusan, puluhan,   
  dan satuan pada bilangan tiga angka.

• Siswa mencoba menuliskan cara membaca
  bilangan tersebut.

Siswa bermain bersama dengan membuat kartu
   bilangan yang telah dibuatnya sendiri

145 menit
Penutup
§  Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari.
§  Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§  Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§  Melakukan penilaian hasil belajar/evaluasi (Ulangan  Harian pada setiap akhir Subtema)
§  Mengajak semua siswa menyanyikan lagu daerah dan berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran).
10 menit

H.     SUMBER BELAJAR, BAHAN AJAR DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Sumber Belajar :
1.    Buku Siswa Tema  Hidup Rukun”  Kelas 2 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017).
2.    Internet
¡  Media Pembelajaran :
1.    Teks percakapan tentang hidup rukun.
2.    Alat peraga Matematika balok kubus untuk nilai tempat.
3.    Gambar kumpulan kubus.
4.    Gambar tiket masuk tempat wisata.
5.    Gambar dan Kartu angka.



I.       PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
Teknik Penilaian
·         Penilaian Sikap: Lembar Observasi
·         Penilaian Pengetahuan: Tes
·         Penilaian Keterampilan: Unjuk Kerja

1. Penilaian Sikap (PKn KD 1.1 dan 2.1)

No.
Tanggal
Nama Siswa
Catatan Perilaku
Butir Sikap
Tindak Lanjut
1.





2.





3.





4.





5.






dst





2.   Penilaian Pengetahuan dan Keterampilan

1) Bahasa Indonesia
Pengetahuan: Menyebutkan Ungkapan di dalam (Teks KD 4.1)
No
Kriteria
Baik Sekali (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Perlu Bimbi- ngan (1)
1.
Ketepatan arti
ungkapan di dalam
kalimat
Semua
ungkapan di
dalam teks
dapat diartikan
dengan benar
Ada beberapa
ungkapan
yang belum
diartikan
dengan benar,
tanpa bantuan
guru

Ada beberapa
ungkapan yang
belum diartikan
dengan
benar, dengan
bantuan guru.
Belum bisa
mengartikan
ungkapan
di dalam
teks dengan
benar, dengan
bantuan guru.


2) PKn
Rubrik Bercerita Penerapan Sila Kelima pada Pancasila (KD 4.1)
No
Kriteria
Baik Sekali (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Perlu Bimbi- ngan (1)
1.
Kesesuaian isi
cerita dengan
penerapan sila
kelima pada
Pancasila
Isi cerita
sesuai dengan
penerapan sila
kelima pada
Pancasila.
Diceritakan
tanpa bantuan
guru.

Ada sebagian
cerita yang
belum sesuai
dengan
penerapan sila
kelima pada
Pancasila.
Diceritakan
tanpa bantuan
guru.
Ada sebagian
cerita yang
belum sesuai
dengan
penerapan sila
kelima pada
Pancasila.
Diceritakan
dengan
bantuan guru.
Cerita tidak
sesuai dengan
penerapan sila
kelima pada
Pancasila.
Sikap yang dapat diamati dan dikembangkan adalah percaya diri.


3) Matematika
Rubrik Penilaian Membaca Bilangan Sampai 999 (KD 3.1, KD 3.2, KD 3.3 dan 4.1)
No
Kriteria
Baik Sekali (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Perlu Bimbi- ngan (1)
1.
Pengetahuan:
ketepatan
menyatakan
bilangan tiga
angka, minimal 5
bilangan

Semua bilangan
dinyatakan
dengan benar.
Ada satu
bilangan yang
dinyatakan
masih salah.
Ada dua
bilangan yang
dinyatakan
masih salah.
Ada tiga
atau lebih
bilangan yang
dinyatakan
masih salah.
2.
Keterampilan:
ketepatan
membaca
bilangan tiga
angka, minimal 5
bilangan

Semua bilangan
dibaca dengan
benar.
Ada beberapa
bilangan yang
masih salah
dibaca, tanpa
bantuan guru.
Ada beberapa
bilangan yang
masih salah
dibaca, dengan
bantuan guru.

Belum ada
bilangan yang
dibaca dengan
benar, meskipun
dibantu guru.
Sikap yang dapat diamati dan dikembangkan adalah percaya diri.

Mengetahui,
Kepala Sekolah



SUGENG, S.Pd.
NIP. 19631205 199312 1 001
Sedayu, 27 Juli 2019
Guru Kelas



 YUDI HERIANA TANTRI, M.Pd.
No. IGI . 201904010000074




Related Posts:

0 komentar:

Posting Komentar