Kamis, 28 Mei 2020

MERANCANG POLA PEMBELAJARAN EFEKTIF dari RUMAH





BelajarMenulisGelombang  10
Pertemuan 16  : Senin 18 Mei  2020
Waktu             : Pukul 13.00 – 15.00 WIB
Pemateri          : Om Jay
Topik               : Merancang Pola Pembelajaran Efektif dari Rumah
Peresume        : Yudi Heriana Tantri, M.Pd.

Assalamu alaikum Warahmatullahi wabaraktuh
Materi pada hari adalah berbagi pengalaman dalam menciptakan pola pembelajaran yang fektif dari rumah. Prinsip yang harus diperhatikan dalam menciptakan pola pembalajar dari rumah adalah kegiatan pembelajaran harus menyenangkan semua.Siswa senang, orng tua senang dan gurunya juga senang. Akses internet lancar, dan guru bisa menggunakan berbagai aplikasi yang sesuai dengan kondisi siswa di rumah.
Gunakan teknologi yang ada untuk menciptakan pola pembelajaran yang efektif dari rumah.Bila adanya hanya WA Group, gunakan WA Group tsb dengan memadukan antara teks, foto dan video.
Saya menyarankan bapak ibu untuk melejitkan keterampilan menulis siswa lewat blog di internet.Sebab siswa dapat belajar menulis secara online melalui blognya masing-masing. Siswa dibiasakan untuk menulis apa yang ingin disampaikannya, dengan begitu bukan hanya lisan saja yang terlatih, tapi juga tulisan.
Dalam menciptakan pola pembelajaran efektif dari rumah, guru harus mempunyai peta kelas atau kondisi siswa di rumah dan disesuaikan dengan kondisi guru di rumah.Artinya, komunikasi guru dan siswa dari rumah masing-masing harus membuat mereka saling berinteraksi dan berdiskusi sehingga pembelajarn menjadi menyenangkan dan bermakna.
Di dunia serba digital saat ini semua itu bisa dilakukan bila kegiatan Pembelajaran jarak jauh dibuat secara terjadwal. Kegiatan harus membuat siswa menjadi mandiri dan menemukan kemerdekaan belajar. Semoga materi siang ini bermanfaat buat kawan kawan semua.
P1
Pembelajaran yang efektif dari rumah. Jadwal belajarnya di tentukan oleh guru berdasarkan jadwal pelajaran seperti hari-hari biasa atau kah di rubah?..
Pembelajaran nya lebih menekankan kepada pembentukan karakter mandiri yang berefek pada keseharian siswa? Lalu untuk pencapaian ranah kognitif nya dapat kita ukur dalam satu hari satu mapel atau bagamana untuk jenjang SD.
Jadwal harus berubah, tidak sama dengan tatap muka di sekolah, pembelajaran lebih kepada 3 hal yaitu literasi, numerasi, karakter dengan emmadukan iptek dan imtak. Untukpeneilian guru dapatmelakukan penilaian berbasis proyek atau potofolio, disesuaikan dgn kondisi murid SD.

P2
menurut Om, mngkin tidak bila sistem pembelajaran daring nntinya bl frasa siswa atau guru lebih nyaman, akan memberi efek pada pmbelajaran konvensional yang lazim dilksanakan sebelum wabah Corona terjadi? Kalau memang ada efek tadak baiknya, apa kira2 lngkah yg bisa di lakukan?
Mungkin akan terjadi pembelajaran blended learning, ada tatap muka di kelas dan ada tatap muka di dunia maya, oleh karena itu guru harus belajar sepanjang hayat supaya tdk tergantikan oleh teknologi modern

P3
Untuk keberhasilan pembelajaran daring yang efektif kepada siswa yang terkendala tidak memiliki HP atau jaringan yang lemot  bgm solusinya?
Solusinya gunakan teknologi yg ada. Kalau yg ada kertas atau buku, maka gunakan itu, sebab mau tdk mau, suka atau tdk suka, siswa dan guru akan dipaksa menggunakan teknologi baru untuk meningkatkan  SDM unggul

P4
Selama BDR ini, disekolah kami melaksanakan pembelajaran melalui group WA. di akhir pertemuan, guru memberi tugas sbg instrumen penilaian.Namun sayang, ternyata yg mengumpulkan tugas hanya maksimal 75% siswa saja.
Bagaimanakah cara yg bisa kita tempuh agar siswa juga aktif mengumpulkan tugas tersebut sb?
Yang terpenting jangan dipaksa, biarkan mereka mengerjakan tugasnya dengan sukarela. Kita cukup mengingatkan saja bila ada murid atau siswa yg belum mengumpulkan tugasnya, ortu harus diberitahu karena kerjasama guru dan ortu sangat penting dalam pembelajaran yg efektif dari rumah

P5
1.   Bagaimana cara mengatasi pembelajaran apabila anak-anak memiliki minim sarana daring ?
2.   Untuk anak TK pembelajaran yang dinilai adalah proses bukan tergantung hasil. Sementara kadang anak tidak mau mengirimkan tugas misalnya merekam hafalannya.bercerita dan mengerjakan tugasnya.
Bagaimana menilainya untuk ditulis di Rapot
Untuk anak TK pembelajaran yang dinilai adalah proses bukan tergantung hasil. Sementara kadang anak tidak mau mengirimkan tugas misalnya merekam hafalannya. bercerita dan mengerjakan tugasnya. Hal itu juga kami alami, jadi tetap sabar menunggu mereka menyelesaikan tugasny bukan sebagai beban tapi sebagai kebutuhan siswa untuk mendapatkan pengetahuan.Tetap komunikasi dgn orang tua siswa.

P6
1.   Bagaimana penilaian siswa yang tidak aktif dikarenakan beberapa kendala dalam pembelajaran daring untuk saat ini walaupun sudah terjadwal?
2.   Penilaian yang tepat untuk pembelajaran daring seperti ini yg cocok itu seperti ap? Mengingat pak menteri pernah mengatakan jika pembejaran daring ini tidak boleh dimasukkan dalam penambahan penilaian pada erapor.
Dicatat, kemudian diberikan surat teguran dari sekolah, kemudian dicaritahu apa masalahnya. Sebab bisa jadi ada masalah serius di keluarga siswa, seperti ortunya kena phk, atau sakit, dll.
Mengingat pak menteri pernah mengatakan jika pembejaran daring ini tidak boleh dimasukkan dalam penambahan penilaian pada erapor. Kalau masalah cocok itu reltif karena kondisinya tidak sama di setiap daerah. Guru dapat melakukan inovasi sendiri sesuai dengan pencapaian siswa, anda bisa…

P6
Dalam menciptakan pola belajar yg efektif dr rumah itu.kita sdh mmbuat jadwal dan berharap siswa jg bs mlksanakn. Pmbjran sesuai jadwal tersebut.tp pd knyataan yg kmi alami d sekolah kami.ada sbgian siswa yg kurang mmperhtikan shingga dpt mnghmbat klncaran proses pembelajaran sesuaijadwal yang disampaikan. Bgamana sikap kita untuk hal tersebut om.. Mengingat siswa blm bias mngikuti pmljaran sesuai jadwal secara konsisten. banyak dari para wali siswa mengeluhkan untuk pmbelajaran dari rumah ini siswa tdk menurut kata ortu.sehingga tugas-tugas yang diberikan tidak dapat terselesaikan dengan cepat. Akhirnya pembelajaran ini dirasa tidak efektif.
Bagaimana tindakn kita sbgi guru. Mngingat peserta didik kmi msh pd kelas rendah (SD)
Guru harus melakukan evaluasi dan refleksi diri, mungkin ada yg kurang tepat disampaikan kpd murid. Kolaborasi guru sangatpenting dalam memecahkan masalah ini, oleh karena itu komunikasi dgn teman sejawat sangat diperlukan dalam menciptkan pola pembelajaran yg efektif dari rumah.Pembelajaran jarak jauh harus membuat murid dekat dengan gurunya, bukan justru menjauhkan murid dengan guru. Perlu ada komunikasi dengan org tuas murid yg terus menerus

P7
Apakah ada kendala yang dialami dalam PJJ selain jaringan internet, dan mohon arahnya dalam mengatasi nya?
Pasti ada, bukan hanya akses internet tapi juga fasilitas yg dimiliki siswa dan guru di rumah. Kalau akses internet tdk ada gunakan teknologi yg ada di sana, misalhnya cuma ada sms, belum ada wa, siswa punya hp tapi tanpa kamera, maka telpon lsg adalah solusinya walaupun guru harus keluar biaya pulsa cukup besar. Jadi setiap guru akan mengalami hal yg bergam, inilah dinamikannya dan jangan lupa pengalaman kita dituliskan di blog sehinga dapat menginspirasi guru lainnya.

P8
Keluhan siswa tidak konsisten guru menggunakan aplikasi, sehingga selain harus belajar lagi cara menggunakan aplikasi juga terlalu banyak kapasitas penyimpanan data yang terpakai. Berdasarkan pengalaman aplikasi yang paling cocok, mudah, dan efektif yang mana?
Keluhan siswa tidak konsisten guru menggunakan aplikasi, sehingga selain harus belajar lagi cara menggunakan aplikasi juga terlalu banyak kapasitas penyimpanan data yg terpakai.
Berdasarkan pengalaman aplikasi yg paling cocok, mudah, dan efektif yg mana?
Rusmin, Kab. Barito Kuala KALSEL, jawab: Omjay saat ini menggunakan aplikasi zoom dan anak anak suka, walaupun ada aplikasi yg lain, tapi berdasarkan pengalaman pakai zoom itu murah dan mudah cara pemakaiannya.

P9
Saat masa pandemi ini sungguh dilematis. Dengan zonasi sekolah dengan siswa2 tinggl di daerah terpelosok dan kondisi ekonomi siswa kami.Ini kendala besar pembeljrn secara daring yg dilakukan.Adakah solusi menarik untuk tetap menciptakan belajar efektif dirumah dengan menyenangkan. 
Kondisi seperti ini sebenarnya bukan hal baru buat Indonesia yang merupakan negara kepulauan.Kreativitas dan inovasi guru sangat diperlukan dalam memberikan solusi dari masalah yg dihadapi.Bila pembelajaran jarak jauh tdk bisa dilaksanakan, maka gunakan pembelajaran jarak dekat, guru bisa mengunjungi rumah muridnya bila alat komunikasi tdk ada.memang dibutuhkan pengorbanan luar biasa untuk menjadi guru ta…

P10
BDR kami sebagian besar melalui WAG, kendala BDR kami  sinyal lemah dan guru belum punya laptop yang mdukung,bagaimana solusi BDR yang efektif dan berapa prosentase pembagian materi pembelajaran antara imtaq dan iptek agar tujuan pembentukan karakter peserta didik tercapai
Pakai WA juga efektif, buktinya omjay gunakan WA Group untuk belajar menulis dan murah biayanya.

P11
Apakah dengan penjadwalan belajar siswa yg sdh dirancang sedemikian rupa oleh guru dan bekerja sama dg orang tua ini menunjukkan setiap siswa memiliki jadwal yg berbeda2. Apakah maknanya sudah mengorganisir semua mapel yg ada pada kurikulum ? Dan apakah penjadwalan ini bisa memfasilitasi setiap siswa yg memiliki kemampuan belajar yg berbeda misalnya ada siswa yg lebih condok ke tipe pembelajar visual, kinestetik, naturalis
Fitriani (MAN IC Tanah Laut)
Setiap penjadwalan disesuaikan dengan kesepakatan guru di sekolah tersebut dengan memperhatikan gaya belajar siswa

P14
Pembelajaran daring dari rumah dikaitkan dengan kenaikan kelas apakah cukup dari nilai daring atau bagamana karena tatap muka juga tidak pernah
Penilaian hanya guru yg bersangkutan yg lebih tahu, kalau dirasa dengan online sdh cukup nilainya, maka gunakan itu, tapi bila blm cukup bisa gunakan waktu eremedial melalui online.hal itu saya lakukan bila ada nilai siswa yg kurang dgn menghubungi wali kela dan orang tua siswa, biasanya kami rapat dengan dewan guru untuk memberikan solusi terbaik buat siswa yang jarang hadir.

Selamat siang guru guru hebat Indonesia. Bagaimana cara menciptakan pola pembelajaran yang fektif dari rumah. Omjay mengajak kita semua untuk menonton dan memberikan komentar tentang contoh pembelajaran dari rumah.
Saat belajar di rumah, seharusnya guru dan siswa sama-sama menyenangkan, disana senang dan disini senang.Itulah inti dari pola pembelajaran yang efektif yang seharusnya terjadi di rumah, baik di rumah guru maupun di rumah siswa.Bagaimana pembelajaran itu bisa terjadi?Pertama, karena akses internetnya lancar. Kalau akses inernetnya tidak lancar, maka pembelajaran menjadi tidak menyenangkan akan tetapi menjadi menegangkan. Hal ini pernah dilihat langsung oleh Omjay terhadap anaknya yang belajar di rumah, ketika internetnya mati maka anaknya tidak bisa berkomunikasi dengan gurunya.Akibatnya, pembelajaran yang awalnya menyenangkan menjadi menegangkan.
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pola adalah suatu sistem kerja atau cara kerja sesuatu. Sedangkan menurut Kamus Antropologi, pola adalah rangkaian unsur-unsur yang sudah mantap mengenai suatu gejaladan dapat dipakai sebagai contoh dalam menggambar atau untuk mendeskripsikan gejala itu sendiri.Menciptakan adalah membuat sesuatu yang baru, dari yang beum ada menjadi ada, dari sesuatu yang benar-benar tercipta karena kondisi yang dibuat oleh guru itu sendiri sesuai dengan teknologi yang ada.Efektif bisa diartikan sebagai suatu yang dapat mencapai tujuan maksimal yang diharapkan.Pengertian efektif merupakan suatu usaha yang maksimal sesuai dengan yang diharapkan.Atau efektif bisa diartikan sebagai salah satu usaha yang tidak pernah lelah, sebelum usaha yang diusahakan belum tercapai.Sementara rumah, adalah salah satu bangunan yang dijadikan sebagai tempat tingal dalam jangka waktu tertentu.Rumah yang nyaman dapat memberikan kenyamanan bagi yang menempati rumah tersebut.Ada ungkapan yang menyatakan “Rumahku Surgaku”.
Berdasarkan definisi di atas, maka dapat diartikan bahwa pola pembelajaran yang efektif di rumah adalah suatu susunan kegiatan yang dapat dilakukan untuk melakukan perubahantingkah laku yang maksimal dari suatu tempat yang nyaman agar sesuai dengan yang diharapkan, pembelajaran harus nyaman semua.Dengan demikian, peserta didik atau siswa yang melakukan pola pembelajaran efektif di rumah dapat membuat rencana kegiatan belajar dengan membuat perencanaan, penjadwalan yang terus menerus di dalam rumah, jadwal ini harus diikuti secara konsisten, disiplin, dan terjadwal.Rumah sebagai tempat tinggal dijadikan sebagai sarana pembelajaran yang membuat nyaman bagi siswa.Penjadwalan kegiatan dapat dibuat sebagai patokan untuk kegiatan belajar, misalnya dengan membuat jadwal dari bangun tidur sampai tidur lagi. Ingat lagu mbah Surip: bangun tidur, tidur lagi, banguuuun…….tidur lagi.
Kalau anak-anak kita sudah terbiasa membuat pembelajaran dari rumah, maka mereka dilatih unutk mandiri mencari pengetahuan yang mereka dapatkan dari internet, tentu dalam hal ini dibutuhkan pendamping, yakni orang tua di rumah dan guru memantau dari rumah masing-masing dengan cara menghubungi orang tua siswa melalui WA group.
Prinsip yang harus diperhatikan dalam menciptakan pola pembalajaran dari rumah adalah kegiatan pembelajaran harus menyenangkan semua.Siswa senang, orang tua senang dan gurunya juga senang.Akses internet lancar, dan guu bisa menggunakan berbagai aplikasi yang sesuai dengan kondisi siswa di rumah.Gunakan teknologi yang ada untuk menciptakan pola pembelajaran yang efektif dari rumah.Bila adanya hanya WA Group, gunakan WA Group tsb dengan memadukan antara teks, foto dan video.
Saya menyarankan bapak ibu untuk melejitkan keterampilan menulis siswa lewat blog di internet.Sebab siswa dapat belajar menulis secara online melalui blognya masing-masing. Siswa dibiasakan untuk menulis apa yang ingin disampaikannya, dengan begitu bukan hanya lisan saja yang terlatih, tapi juga tulisan.

Kesimpulan:
1.      Setiap menciptakan pola pembelajaran efektif dari rumah, guru harus mempunyai peta kelas atau kondisi siswa di rumah dan disesuaikan dengan kondisi guru di rumah.
2.      Rumah sebagai tempat tinggal dijadikan sebagai sarana pembelajaran yang membuat nyaman bagi siswa.



Related Posts:

0 komentar:

Posting Komentar